Dengan Rutin Olahraga, Anda Bisa Tampil Lebih Cantik - Info Cantik dan Sehat
Dengan Rutin Olahraga, Anda Bisa Tampil Lebih Cantik

Dengan Rutin Olahraga, Anda Bisa Tampil Lebih Cantik

Share This


Olahraga tidak hanya membuat tubuh sehat dan bugar, tapi ada banyak manfaat tersembunyi lainnya. Mungkin hanya sedikit orang yang tahu kalau olahraga bisa membuat kulit lebih sehat dan cantik.

Latihan fisik merupakan cara alami dan aman untuk mendapatkan tampilan wajah yang lebih bening, bebas jerawat, meminimalisir kerutan juga menguatkan dan menyehatkan rambut. Alasannya?

"Olahraga punya efek meremajakan tubuh. Olahraga secara rutin akan melancarkan sirkulasi darah hingga ke jari-jari tangan, kuku, bahkan ke jempol dan kuku jempol kaki. Faktanya, olahraga memberi dampak positif bagi seluruh tubuh karena meningkatkan kemampuan sistem sirkulasi dan pernapasan, yang artinya juga meningkatkan kadar oksigen dalam darah," ujar ahli kulit dan kecantikan Shahnaz Husain, seperti dilansir dari iDiva.

Ini dia sejumlah manfaat kecantikan yang akan Anda dapat dengan rajin berolahraga!

1. Kulit Bercahaya
Olahraga teratur bisa meningkatkan kesehatan kulit dengan melancarkan peredaran darah ke bawah permukaan kulit. Proses ini membantu tubuh menyuplai berbagai nutrisi penting ke kulit. Jenis olahraga seperti aerobik akan mengeluarkan racun-racun melalui keringat. Hasilnya, kulit lebih sehat bercahaya karena karena meningkatnya sirkulasi darah dan kandungan oksigen dalam tubuh.

2. Mencegah Penuaan Dini
Ingin tampak awet mudah lebih lama? Maka rajin-rajinlah berolahraga. Aktivitas fisik bisa mencegah timbulnya kerutan, garis-garis halus dan kulit kendur karena mendorong produksi kolagen --protein yang bermanfaat menjaga ketahanan struktur kulit. Ketika berolahraga, otot-otot di bawah kulit akan menguat sehingga membuat kulit tampak lebih sehat. Semakin kuat otot, jaringan kulit juga lebih baik dan menghasilkan kulit yang elastis.

3. Mencegah Timbulnya Jerawat
Timbulnya jerawat umumnya disebabkan karena produksi sebum yang berlebihan hingga menutup pori-pori. Normalnya, sebum memang dikeluarkan lewat pori-pori, tapi beberapa hormon tertentu seperti testosteron dan kortisol (hormon stres) bisa menyebabkan produksi sebum berlebihan. Akibatnya, pori-pori tersumbat dan timbullah jerawat.

Dengan berolahraga, Anda bisa mengatasi ketidakseimbangan hormon yang mengakibatkan jerawat. Olahraga menghilangkan stres dan menurunkan level kortisol di dalam darah dan memangkas produksi hormon yang berlebihan. Di samping itu, olahraga akan mengeluarkan keringat dan keringat bisa membantu membersihkan pori-pori serta mengurangi sel kulit mati, minyak dan zat kimia yang menumpuk di permukaan kulit.

4. Rambut Lebih Indah
Olahraga membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala dan folikel rambut, yang artinya semakin banyak juga suplai nutrisi yang dikirimkan melalui pembuluh darah ke area rambut. Hal ini merangsang pertumbuhan rambut dan mengontrol agar jumlah rambut yang rontok tetap normal (jumlah kerontokan rambut normal 100 helai per hari). Dengan rutin olahraga, folikel rambut akan ternutrisi dengan baik berkat sirkulasi darah yang mengalirkan antioksidan --menghancurkan radika bebas sebelum ia merusak rambut.

5. Memperindah Bentuk Payudara
Bentuk payudara juga akan terlihat lebih indah dengan jenis olahraga tertentu, salah satunya renang. Jika tidak bisa berenang, pilihlah olahraga yang membantu menguatkan otot dada (minta instruksi yang benar dari personal trainer). Latihan ini akan membentuk otot di bawah jaringan payudara Anda dan membuatnya tampak lebih penuh.

Ditambah lagi, latihan secara rutin bisa menurunkan risiko terkena kanker payudara hingga 33 persen. Sebuah studi yang melibatkan 3.000 responden wanita di New York, Amerika, menemukan bahwa wanita yang berolahraga selama 10 sampai 19 jam per minggu risiko terkena kanker payudara lebih rendah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages