5 Hal yang Membuat Anda Mudah Lelah - Info Cantik dan Sehat
5 Hal yang Membuat Anda Mudah Lelah

5 Hal yang Membuat Anda Mudah Lelah

Share This


Jika Anda sering merasa lelah khususnya di siang hari, padahal Anda sudah merasa tidur cukup dan tak melakukan kegiatan yang melelahkan, coba cek faktor penyebab yang paling umum. 

Situs Dailymail merangkum lima hal yang kerap dijumpai sehari hari yang sebenarnya berimbas pada energi Anda. Apa saja lima hal yang membuat tubuh Anda cepat kelelahan? Ini dia: 


1. Dehidrasi 
Kehilangan 1,5 persen volume air pada tubuh seseorang dapat menyebabkan suasana hati yang tidak bersemangat, fungsi mental dan tingkat energi yang terus menurun. Berdasarkan Natural Hydration Council, wanita harusnya mengonsumsi 1,6 liter air dan 2 liter air perhari untuk para pria.

2. Telepon genggam
Telepon gengam dapat membuat otak seseorang terus bekerja dan jauh dari kata istirahat. Selain itu efek cahaya atau sinar yang dikeluarkan gadget juga merangsang hormon melantonin yang bermanfaat untuk membuat tidur. Berdasarkan penelitian dari Michigan State University, seseorang yang menggunakan telepon genggam pada malam hari di atas jam sembilan malam, akan lebih cepat lelah keesokan harinya. 

3. Kurang olahraga 
Jangan salah, ternyata jika Anda kurang berolahraga justru membuat tubuh cepat kelelahan. Penelitian dari University of Georgia mengungkapkan bahwa orang dewasa yang olahraga tiga hari dalam seminggu selama 20 menit, dilaporkan lebih tidak cepat lelah. Malah sebanyak 65 persen tak menampakkan gejala kelelahan.
4. Makan malam terlambat 
Mengonsumsi makanan berat pada jam yang berdekatan dengan waktu tidur dapat mengganggu sistem pencernaan dan menyebabkan asam lambung serta nyeri ulu hati. Inilah yang membuat Anda tak nyaman saat tidur, dan membuat kualitas tidur jadi tak baik.
 
5. Kafein 
Ketika ngantuk, biasanya orang akan mengonsumsi kopi. Namun kenyataanya, berdasarkan Naturan News, mengkonsumsi kopi sebenarnya meningkatkan adrenalin, membuat segar lalu efek yang timbul setelahnya adalah rasa kelelahan yang teramat sangat. Jika Anda penggemar kopi dan ingin menghindari hal ini, cobalah untuk mengonsumsi kopi maksimal satu cangkir sehari dan di pagi hari.


KOMPAS






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages